9 Taktik Sepak Bola Paling Top Sepanjang Masa

Secara garis besar, taktik ini adalah konsep yang diusung oleh eks pelatih Napoli dengan gaya sepak bola menyerang cepat, yang dikombinasikan umpan pendek dan cepat. Sehingga pemain terus bergerak dinamis di atas lapangan secepat mungkin. Ketika itu, Indra menggunakan taktik yang ampuh menundukkan Thailand dan Singapura di pertandingan sebelumnya, yakni bertahan dalam (deep defending), lalu melakukan serangan balik cepat memanfaatkan lesatan dari sisi sayap. Namun, Park Hang-seo merespons dengan menutup sisi sayap dengan ketat dan bermain dengan umpan-umpan pendek akurat demi mengurung Indonesia di pertahanannya sendiri. Sepak bola nggak hanya sekadar 11 orang di lapangan berebut bola untuk mencetak gol.

Menurutnya, formasi itu dilakukan untuk melakukan penyerangan dan pertahanan secara efektif. Namun, dua pemain gelandang harus bekerja keras dalam menyusun serangan balik cepat.

Tidak ada salahnya jika formasi dan strategi yang selama ini kita kenal dalam istilah catur diaplikasikan dalam bentuk sepak bola. Pada dasarnya, kedua olahraga memiliki kesamaan dalam fungsi dan peran masing-masing pemain/buah yang berbeda. Kesamaan antara catur dan sepak bola, bisa juga dilihat dari mobilitas, komparasi, skema permainan, kombinasi dan mencari serta menempati sisi/petak pertahanan lawan. Ia akan menginstruksikan para pemain dalam posisi sedekat mungkin untuk melakukan umpan-umpan cepat dengan membentuk pola segitiga kecil dan lebih banyak mengandalkan sosok deep lying midfielder semacam Jorginho. Jorginho yang berada di posisi antara bek dan pemain tengah, bisa melepas umpan menusuk ke gelandang serang atau penyerang menuju pertahanan lawan.

Penguasaan bola dan pergerakan itu penting sebagai kretaifitas dan inovasi, tetapi jika itu terlalu banyak dilakukan sangat mengganggu pola permainan. ini menunjukan belum berjalannya felling antar pemanin dalam melakukan tiktak efektip tanpa harus terlalu lama menengok posisi kawan, dengan kata lain sepertinya chemistry belum begitu terbangun kuat antar pemain PERSIB. Tugas utama MC adalah mengatur alur serangan ke penyerang (ST) jadi mereka wajib unggul dalam hal Passing, Dribbling, Creativity (70-90%). Berada di tengah, seorang MC memiliki kebebasan melepaskan umpan datar atau lambung karena mereka berada di tengah lapangan.

Tugas tambahan MC adalah pertahanan, akan tetapi kualitas mereka dalam bertahan tidak sebaik DMC karena naluri mereka ada dalam penguasaan bola dan pengaturan permainan, bukan merusak alur permainan. Sayangnya dalam hal ini, saya tidak membahas kultur maupun filosofi kedua olahraga ini. Saya ingin membahas strategi atau formasi dalam catur ke sepak bola.

Dalam menghadapi pertahanan lawan yang rapat, sebuah tim yang menyerang biasanya akan mengandalkan bola panjang. Hal ini sengaja dilakukan tim penyerang untuk membuat barisan pertahanan lawan terpecah dengan mencoba bergerak maju ke depan. Dalam strategi demikian peran pemain sayap sangat dibutuhkan. Pemain sayap haruslah selalu dalam posisi siap dan mengatur umpan yang dapat mengacaukan pertahanan tim lawan, sehingga kesempatan pemain penyerang untuk menerobos masuk pertahanan lawan dapat terbuka lebar.

Setelah si penyerang memenangkan duel udara, pemain di sekitarnya harus mendaptkan bola liar atau second ball dari hasil umpan panjang tersebut. Sepakbola mini dengan anggota tim yang berjumlah 7 orang sangat efektif. Dengan adanya formasi kombinasi akan memudahkan permainan tim untuk lebih hidup. Pada tahun 1930 lalu, Herbert Chapman merupakan pelatih yang sukses bersama Arsenal. Dalam era kejayaannya, ia biasa menggunakan formasi yang mana seperti membentuk huruf “W dan M”.

Dengan formasi, maka pola penyerangan dan pertahanan akan terkoordinir dengan rapi dan kerja sama akan jauh lebih terarah. Setiap formasi mempunyai ciri-ciri dan menuntut kualitas atau tingkat kemampuan pemain yang berbeda-beda. Bahkan setiap posisi pemain dalam sistem tertentu memerlukan kualitas pemain yang tidak sama. Hampir semua pelatih dari olahraga futsal sering menggunakan formasi atau yang disebut juga formasi The Counter ini.

Formasi dengan dua pemain bertahan dan satu pemain tengah serta satu pemain depan ini dianggap lebih efektif dan efisien dalam melakukan pertahanan dengan mengandalkan serangan balik. Tips sukses dari formasi ini terletak pada pemain tengah yang mengatur alur jalannya bola dari posisi belakang bertahan ke posisi depan menyerang. Namun, formasi ini juga harus didukung oleh kecepatan dan skill dari para pemain dalam melakukan serangan balik agar dapat menembus perthanan lawan dan menghasilkan poin. Dalam sepak bola, bola panjang merupakan sebuah tendangan atau umpan jauh yang dilakukan kiper atau bek dari garis pertahanan mereka langsung ke lini depan. Biasanya dalam menerapkan taktik ini penyerang harus memiliki fisik yang tinggi besar agar dapat berduel memenangkan bola.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *